Beberapa istilah yang
terkait dengan CBIS yang akan dibahas pada bagian ini antara lain adalah data,
informasi, sistem, sistem informasi dan “basis komputer” sebagai kata kuncinya.
Saat ini sistem informasi merupakan isu yang paling penting dalam pengendalian
manajemen. Hal ini disebabkan karena tujuan dari pengendalian manajemen adalah
untuk membantu manajemen dalam mengkoordinasi subunit-sub unit dari organisasi
dan mengarahkan bagian-bagian tersebut untuk mencapai tujuan perusahaan.
Dua hal yang menjadi perhatian
dari definisi diatas adalah mengkoordinasi dan mengarahkan. Tentu saja dalam
dua proses tersebut diperlukan satu sistem agar proses koordinasi dan
pengarahan dapat berjalan secara efektif sehingga tujuan perusahaan dapat
tercapai. Manfaat utama dari perkembangan sistem informasi bagi sistem
pengendalian manajemen adalah :
- penghematan waktu (time
saving)
- penghematan biaya (cost
saving)
- peningkatan
efektivitas (effectiveness)
- pengembangan teknologi
(technology development)
- pengembangan personel
akuntansi (accounting staff development).
Dalam perjalannya
Sistem Informasi Manajemen tidak serta merta langsung menjadi sebuah sistem
yang seperti kita rasakan saat ini melainkan ada tahapan-tahapan perkembangan
dari sistem yang terfokus untuk menghimpun,menyimpan dan memproses data saja
sampai terciptanya sistem yang mengelola data tersebut menjadi sebuah informasi
dan dari informasi tersebut terciptalah sistem pendukung keputusan berikut
perinciannya :
a. Berfokus pada DATA
(EDP):
Pada awal abad ke 20 pemakaian komputer
terbatas hanya untuk aplikasi akuntansi dan digunakan nama EDP yang merupakan
aplikasi sistem informasi yang paling dasar dalam setiap perusahaan. Sistem
pemrosesan transaksi merupakan jenis sistem yang pertama kali di
impelementasikan. Fokus utama sistem ini adalah pada data transaksi.sistem
informasi ini digunakan untuk menghimpun , menyimpan dan memproses data
transaksi serta sering kali mengendalikan keputusan yang merupakan bagian dari
transasksi.misalnya yang mengendalikan keputusan adalah sistem pemrosesan
transaksi yang sekaligus dapat memvlidasi keabsahan kartu kredit atau
mencarikan rute pesawat terbang yang terbaik sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
b. Berfokus pada INFORMASI (SIM):
Tahun 1964
diperkenalkan satu generasi baru alat penghitung yang mempengaruhi cara
penggunaan komputer. Konsep penggunaan komputer sebagai SIM dipromosikan oleh
pembuat komputer untuk mendukung peralatan baru tsb. Konsep SIM menyadari bahwa
aplikasi komputer harus diterapkan untuk tujuan utama menghasilkan informasi
manajemen. Konsep ini segera diterima oleh perusahaan besar karena dengan
adanya Manajemen Informasi perusahaan akan mudah mendapatkan Informasi yang
akurat dan tepat guna mendukung dalam pengambilan keputusan dalam perusahaan
tersebut.
c. Berfokus pada KOMUNIKASI
(OTOMATIS KANTOR):
Pada waktu DSS
berkembang , perhatian juga difokuskan pada otomatisasi kantor (office
automation/OA) OA memudahkan komunikasi dan meningkatkan produktivitas diantara
para manajer dan pekerja kantor melalui
d. Berfokus pada KONSULTASI (EXPERT
SYSTEM)
Ide dasar AI adalah komputer dapat
deprogram untuk melaksanakan sebagian penalaran logis yang sama seperti
manusia. Sistem pakar adalah suatu sistem yang berfungsi sebagaiseorang
spesialis dalam suatu bidang. Sistem yang menggambarkan segala macam sistem
yang menerapkan kecerdasan buatan untuk pemecahan masalah dinamakan dengan
sistem berbasis pengetahuan (knowledge-bases sistems) Penjelasan lebih
lanjut akan dijumpai pada modul terakhir dari materi kuliah SIM.
Manajer membuat keputusan
untuk memecahkan masalah dengan memanfaatkan data dan informasi. Informasi
disajikan dalam bentuk lisan maupun tertulis oleh suatu pengolah informasi.
Pada bagian pengolahan dengan komputer terdiri dari lima bidang yakni SIA, SIM,
DSS, kantor virtual dan sistem berbasis pengetahuan. Hal tersebut dinamakan
dengan sistem informasi berbasis komputer (komputer based information sistem).
Sumber:
·
Fatta, H.A. (2007). Analisis dan perancangan sistem
informasi: untuk keunggulan bersaing perusahaan dan organisasi
modern. Yogyakarta: Andi.
·
Goyal, A. (2011). System analysis and
design. New Delhi: PHI learning Private Limited.
·
Oke, J.K. (2009). Management information
systems. Mumbai: Nirali Prakashan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar